-->

Bersepeda Bisa Bikin Kamu Awet Muda, Loh! Ini Penjelasannya

Bersepeda bisa bikin awet muda - Apakah kamu sering berolahraga sepeda? Ataukah jarang, atau bahkan enggak suka? Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang ramah lingkungan. Selain ekonomis dan irit, banyak masyarakat di negara-negara maju kayak Jepang dan Belanda yang sudah mulai membiasakan diri untuk menggunakan kendaraan non mesin ini.

Bersepeda bisa bikin awet muda
Bersepeda bisa bikin awet muda via rutlandcycling.com

Nah, kalau kamu sering berolahraga sepeda, maka beruntunglah kamu. Karena, kamu punya kesempatan buat awet muda. Loh kok bisa?

Banyak yang bilang kalau kegiatan bersepeda bisa menurunkan kesuburan buat cowok. Tapi faktanya nih, bersepeda sangat bermanfaat buat tubuh kamu. Selain bisa sebagai sarana olahraga, juga bisa bikin awet muda, karena orang yang aktif bersepeda mempunyai yaitu kadar testosteron yang lebih tinggi dibanding cowok yang lebih muda.

Universitas Birmingham dan King's College London melakukan penelitian terhadap 125 pesepeda cowok dan cewek pemula yang usianya antara 55-79 tahun. Para pesepeda tersebut sudah terbiasa bersepeda selama 26 tahun. Kemudian, mereka dibandingkan dengan 75 orang yang sehat berusia antara 57-80 tahun, serta orang dewasa muda yang sehat berusia 20-36 tahun.

Secara mengejutkan, para peneliti itu menemui fakta kalau kadar hormon testosteron pada pesepeda cowok sama dengan mereka yang telah berusia paruh baya. Bahkan enggak hanya itu, massa otot para cowok ini juga setara dengan mereka yang berusia dua puluhan, walaupun pada umumnya lansia kehilangan massa otot sebanyak 2% pertahunnya.

Sedangkan bagi pesepeda cewek, dampak yang paling signifikan adalah kandungan lemak dalam tubuh berkurang sehingga mencapai 28%. Padahal pada pembandingnya, kadar lemak mereka mencapai 40%. Ini membuktikan kalau bersepeda bisa membakar kalori dan menjadi salah satu alternatif diet yang sehat.

Satu lagi temuan yang paling mencengangkan, bahwa di dalam sistem kekebalan para pesepeda ini, ada organ yang bernama thymus. Organ ini bertugas membuat sel-sel imun yang disebut sel T, yang berfungsi agar organ tersebut enggak mengalami penyusutan yang berarti. Padahal, biasanya organ ini mengalami penyusutan sejak berusia 20 tahun ke atas.

Bersepeda bisa bikin awet muda
Yuk bersepeda via intrepidtravel.com

Nah, kesimpulan yang bisa kamu dapat dari penelitian ini, bahwa aktifitas bersepeda terbukti bisa mencegah proses menopause pada cowok dan memperlambat terjadinya proses penuaan dini. Tubuh kamu juga dapat tumbuh dengan optimal dan terbebas dari masalah kesehatan yang muncul karena minimnya aktifitas fisik.

Jadi, kalau kamu mau awet muda, enggak ada salahnya membeli sepeda dan memakainya buat kepentingan mobilitas kecil setiap hari, kayak belanja ke warung, atau sekedar keliling kompleks di sore hari. Bukankah dengan banyak bergerak, tubuh kamu menjadi lebih fit dan terhindar dari berbagai macam penyakit?

Meskipun begitu, bukan berarti jenis olahraga lain juga enggak bisa memberi dampak positif seperti ini. Banyak juga kok jenis olahraga lain yang bisa bikin kamu sehat dan fit. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk bersepeda dan jalani hidup sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel