-->

Wisata ke Raja Ampat? 5 Destinasi Berikut Wajib Kamu Kunjungi

Destinasi wisata Raja Ampat yang wajib dikunjungi - Siapa yang enggak tahu Raja Ampat? Surga tersembunyi milik Indonesia ini merupakan destinasi idaman para wisatawan baik Indonesia maupun mancanegara. Di sini, kamu bisa menyaksikan gugusan pulau-pulau berbeda ukuran, ada yang besar dan kecil. Dan yang pasti, air laut yang berwarna biru dan bening membuat mata kamu termanjakan. Seperti benar-benar berada di surga, deh.

Destinasi wisata Raja Ampat yang wajib dikunjungi
Raja Ampat, surganya Indonesia via nationalgeographic.co.id

Raja Ampat terletak di Kabupaten Raja Ampat, yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat. Daerah ini mempunyai sekitar 610 pulau dan hanya 35 pulau saja yang berpenghuni. Sisanya hanya menjadi pulau yang kadang digunakan untuk berfoto para wisatawan. Bahkan sebagian pulau belum memiliki nama.

Kalau kamu datang ke Raja Ampat dan bertanya daerah mana sajakah yang menarik dan harus dikunjungi, jawabannya adalah banyak! Tapi, walaupun ada banyak sekali tempat menarik di Kabupaten Raja Ampat, ada beberapa tempat yang dianggap paling spesial. Bahkan tempat-trnpat ini menjadi salah satu destinasi impian yang enggak boleh terlewatkan seumur hidup. Berikut 5 tempat destinasi di Raja Ampat yang patut kamu singgahi.


1. Pulau Wayag

Destinasi wisata Raja Ampat yang wajib dikunjungi
Pemandangan sekitar Pulau Wayag via abudhabi2.com

Pulau Wayag adalah tempat spesial pertama yang patut kamu kunjungi. Karena, tempat ini dianggap sebagai surganya dunia, wow! Di sini, kamu bisa melihat gugusan pulau-pulau yang berjajar berwarna hijau dengan warna laut yang biru bersih. Bahkan karena keindahannya, Pulau Wayag menjadi ikon wisata di Raja Ampat.

Selain mempunyai keindahan alam yang luar biasa, pesona keindahan di bawah laut Pulau Wayag juga tak kalah indah. Bahkan, tempat ini masuk dalam salah satu dari 10 spot menyelam terbaik di Indonesia, loh. Di sini, kamu bisa menyaksikan gugusan karang dan berbagai jenis ikan laut. Keindahannya enggak bisa dilukiskan dengan kata-kata, deh.

Destinasi wisata Raja Ampat yang wajib dikunjungi
Gugusan pulau-pulau dari atas perahu via instagram.com

Untuk bisa sampai di Pulau Wayag, kamu hanya tinggal naik pesawat menuju Sorong. Kemudian dilanjutkan dengan naik pesawat lagi ke Waisai. Setelah sampai di Waisai, kamu bisa mencari kapal di pelabuhan untuk menuju Pulau Wayag. Perlu kamu tahu, biaya yang harus kamu keluarkan untuk traveling ke Pulau Wayag cukup menguras kantong. Jadi, kamu harus mempersiapkan perjalanan dengan matang sebelum ke sini.


2. Kepulauan Pianemo

Destinasi wisata Raja Ampat yang wajib dikunjungi
Pemandangan kepulauan Pianemo via journeyera.com

Banyak orang bilang kalau Kepulauan Pianemo adalah miniaturnya Pulau Wayag. Ini dikarenakan pemandangan di pulau ini memang sangat mirip dengan yang ada di Pulau Wayag. Tapi bedanya, di sini kamu harus berjuang naik ke pulau kecil agar bisa melihat keindahan kepulauan ini.

Saat pagi tiba, kamu sudah bisa menuju ke pulau yang berada di Distrik Waigeo Barat, karena sudah ada banyak speedboat di Waisai pukul 06.00 WIT. Enggak butuh waktu lama, kamu akan tiba di Pianemo. Di sini, kamu bisa melihat gugusan pulau berwana hijau di atas birunya air laut, tak kalah menariknya dengan Pulau Wayag, deh.


3. Pulau Misool

Destinasi wisata Raja Ampat yang wajib dikunjungi
Gugusan karang di Pulau Misool via factsofindonesia.com

Pulau Misool adalah salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat. Misool sendiri mempunyai empat bagian yaitu, Misool Barat, Misool Timur, Misool Utara, dan Misool Selatan. Wilayah ini juga termasuk daerah segitiga karang dunia. Jadi jangan heran kalau kamu akan menemui ikan-ikan yang begitu cantik dan ramai oleh wisatawan yang memburu pemandangan dasar laut di sini. Apalagi, Misool bagian selatan terdapat laut lepas yang memiliki fauna laut yang besar seperti paus, lumba-lumba, dan pari manta.

Saat di Pulau Misool, jangan sampai kamu enggak singgah di Puncak Harfat, karena terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah. Enggak jauh dari Puncak Harfat, juga terdapat tempat yang cukup indah, yakni Puncak Love. Di sini, kamu bisa melihat laguna berbentuk hati dari atas puncaknya. Keren, bukan?

Destinasi wisata Raja Ampat yang wajib dikunjungi
Pemandangan dari atas Puncak Love via venuemagz.com

Selain wisata alam, di sini kamu juga bisa berwisata sejarah dengan menyaksikan dinding batu karang, di mana di situ terdapat cap tangan yang diperkirakan sudah berusia 50 ribu tahun, dan memiliki rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia di Nusantara. Baca juga Tempat Wisata Pra Sejarah atau Purbakala.


4. Pulau Salawati

Destinasi wisata Raja Ampat yang wajib dikunjungi
Pasir putih di Pulau Sarawati via travelingyuk.com

Pulau Salawati adalah pulau terbesar di Kabupaten Raja Ampat. Pulau ini banyak diminati oleh para wisatawan karena pasirnya berwarna putih. Bahkan, di sini adalah tempatnya ikan pelangi yang jarang ada di dunia, sehingga menambah keistimewaan pulau ini.

Selain itu, masyarakatnya juga masih memiliki adat istiadat yang kental. Tarian Wor adalah salah satu tarian yang selalu menjadi tarian untuk menyambut para wisatawan yang datang ke sini. Kamu pasti akan betah di sini karena dengan masyarakatnya yang ramah, dan pemandangannya yang memukau mata.

Destinasi wisata Raja Ampat yang wajib dikunjungi
Resort untuk menginap di Pulau Salawati via ksmtour.com

Di Pulau Salawati juga terdapat sebuah tempat bersejarah peninggalan Perang Dunia II di dasar laut. Kapal-kapal perang yang karam bisa menjadi spot untuk menyelam yang tak mungkin terlupakan. Jadi, kalau kamu mau menyelam yang seru, di sinilah tempatnya.


5.Pulau Kri

Destinasi wisata Raja Ampat yang wajib dikunjungi
Terumbu karang di Pulau Kri via ksmtour.com

Kalau kamu ditanya tempat menyelam paling sempurna di Raja Ampat, jawabannya adalah Pulau Kri yang berada di Yenbuba, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Di sini, kamu bisa menemukan 374 spesies ikan dalam satu penyelaman saja, seperti barakuda, batfish, jacks, dan kakap yang hidup berdampingan dengan ikan-ikan kecil, karang kecil, ikan kerapu, hiu, hingga kura-kura.

Kalau kamu mau menginap di pulau ini, terdapat resort salah satunya adalah Kri Eco Resort Raja Ampat yang bisa kamu coba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel