-->

Tips Membeli dan Merawat Pakaian Vintage Cewek

Tips membeli dan merawat pakaian vintage - Apakah kamu mempunyai pakaian jenis vintage atau kuno? Pakaian model vintage memang selalu digemari banyak orang, khususnya buat cewek karena gayanya tak lekang oleh waktu. Kalau dibandingkan dengan jenis lain, pakaian vintage mempunyai model yang unik.

Tips membeli dan merawat pakaian vintage
Model vintage yang sudah dimodifikasi via weheartit.com

Meskipun model vintage sudah ada sejak lama, tahun-tahun belakangan ini pakaian vintage masih digemari oleh para cewek, dan tentunya sudah dimodifikasi supaya terlihat modern. Mereka berbondong-bondong membeli pakaian vintage. Sebagian memang menggemari, sebagian ada juga yang sekedar ikut-ikutan. Meskipun begitu, ada kendala dari pakaian vintage ini, yaitu cara membeli dan merawatnya.

Seorang pakar vintage yang dijuluki Vintge King, William Banks-Blaney asal Inggris, memberikan beberapa tips tentang membeli dan merawat vintage ini. Berikut penjelasannya.


1. Jangan berlebihan

Tips membeli dan merawat pakaian vintage
Kombinasi vintage yang simpel dan enggak berlebihan via brilio.net

Apapun itu, yang namanya berlebihan itu memang enggak baik. Jadi, enggak semua pakaian vintage bisa disebut vintage. Jadi, kembali ke pilihan masing-masing dari apa yang kamu beli. Meskipun mencintai pakaian vintage, Banks-Blaney lebih suka aksesori kontemporer, karena akan terlihat jauh lebih elegan dan indah saat dikombinasikan.


2. Rawat pakaian vintage

Tips membeli dan merawat pakaian vintage
Bahan halus sangat membutuhkan perawatan yang hati-hati via oasisamor.org

Kalau pakaian vintage kamu terbuat kain halus seperti sutra, sifon, atau beludru, maka kamu harus lebih berhati-hati saat memakainya dibandingkan dengan yang berbahan wol atau katun.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati saat mencucinya. Disarankan agar menggunakan laundry kering, karena penggunaan bahan kimia saat mencuci bisa merusak pakaian vintage kamu.


3. Buat perubahan

Tips membeli dan merawat pakaian vintage
Vintage yang sepertinya enggak usah melakukan perubahan via dicandiafashion.com

Kalau kamu mau melakukan perubahan pada pakaian vintage kamu ke penjahit, usahakan untuk melakukan perubahan seminimal mungkin. Khusus pakaian vintage premium seperti haute couture abad ke-20, maka enggak akan bisa dimodifikasi, karena itu bisa mengurangi nilainya. Banks-Blaney menyarankan agar setiap modifikasi yang telah dibuat harus dilakukan dengan baik.


Itulah beberapa tips membeli dan merawat pakaian vintage. Jadi, jangan merasa jadul karena vintage ya. Karena vintage yang sekarang sudah dimodifikasi dan pastinya stylish. Jadi, tentukan pilihanmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel