-->

Pusing Mencari Ide Menulis? 12 Tips Berikut Mungkin Bisa Membantumu

Tips mencari ide menulis - Kalau kamu seorang penulis, pastinya harus memikirkan ide tulisan dulu kan? Ide menulis ini sangat penting dalam memulai sebuah tulisan. Apapun tulisannya, baik puisi, cerpen, novel, lirik lagu, jurnal, skripsi, dan lain-lain, kalau tanpa ide, kamu tidak akan tahu akan menulis apa. Ada yang dengan mudah menemukan ide, ada kalanya juga kamu tidak bisa menemukan ide apapun. Otak terasa buntu untuk menemukan ide. Baca juga cara menyiasati writers block.

Tips mencari ide menulis
Pusing mencari ide via npr.org

Satu hal yang harus kamu perhatikan, ide itu harus dicari, bukan ditunggu. Kalau kamu terus berdiam diri dan menunggu, maka kamu tidak akan mendapatkan ide. Jadi, kalau kamu hendak menulis, kamu mesti aktif mencari ide tersebut. Lalu, bagaimanakah cara mencari ide menulis? Berikut tips dari Arimpi.Com yang bisa kamu simak.


1. Rajin membaca

Tips mencari ide menulis
Ide muncul saat membaca via newsreporters.com

Namanya juga kamu mau menulis, maka kamu harus rajin membaca demi memperkaya pengetahuan kamu. Akan sangat konyol kalau kamu mau menulis tapi malas membaca, sama saja seperti kamu mau jadi koki tapi tidak tahu rasa masakannya. Saat kamu membaca, ada kalanya ide tiba-tiba lewat. Kalau udah dapat, tulislah konsep ide kamu di selembar kertas atau ponsel kamu biar tidak lupa. Setelah itu, baru kamu lanjutkan membaca. Tapi perlu diingat, meskipun ide yang kamu dapat itu dari bacaan yang kamu baca, bukan berarti kamu harus menjiplak tulisannya juga ya.


2. Mencari referensi melalui film fiksi atau dokumenter

Tips mencari ide menulis
Film bisa dijadikan inspirasi atau ide via leftandcenterfod.com

Kalau kamu mau menulis cerita-cerita seperti cerpen, novel, atau novelet, menonton film mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi kamu untuk mencari ide. Begitu banyak film yang bisa kamu tonton. Kamu bisa kembangkan cerita yang disajikan dengan ide versi kamu. Kemudian, seperti yang sudah dijelaskan di atas, ketika ide melintas di saat kamu menonton film, kamu catat saja konsep idenya di kertas atau ponsel, supaya tidak lupa.


3. Mengunjungi tempat favorit

Tips mencari ide menulis
Tempat favorit bisa memunculkan ide via polska-anglia.co.uk

Di saat kamu merasa suntuk karena belum mendapatkan ide tulisan satu pun, cobalah kamu datangi tempat-tempat favorit kamu, seperti taman, pantai, dan lain-lain. Penulis-penulis besar pun biasanya melakukan hal ini di saat suntuk memikirkan ide. Jadi, daripada kamu pusing memikirkan ide di rumah, cobalah refreshing dulu dan datangi tempat favorit kamu. Siapa tahu ide akan lewat.


4. Pengalaman pribadi atau orang lain

Tips mencari ide menulis
Yang kamu atau teman kamu alami berpotensi menjadi sebuah ide menulis via dailysmscollection.in

Hal-hal yang sudah kamu alami ataupun orang terdekat kamu, bisa dijadikan ide menulis, loh. Coba saja cek lirik-lirik lagu dari musisi tanah air. Kebanyakan isinya berasal dari pengalaman pribadi. Tak hanya untuk lirik saja, jenis tulisan yang lain pun bisa. Jadi, kalau kamu sedang buntu mencari ide, cobalah ingat-ingat pengalaman apa saja yang sudah kamu atau teman kamu alami. Semuanya bisa dijadikan ide kreatif untuk dirangkai menjadi kata-kata.


5. Melakukan riset

Tips mencari ide menulis
Melakukan riset demi mendapatkan data konkret via accounting-media

Riset dilakukan supaya hasil tulisannya lebih berbobot dan bermakna. Biasanya ini dilakukan oleh penulis-penulis buku nonfiksi atau pun mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsinya. Mereka memang harus menjalani riset demi mendapatkan data yang konkret, lalu dirangkai menjadi sebuah kata-kata. Tapi, kalau kamu menulis fiksi, tak ada salahnya juga melakukan riset supaya hasil tulisannya lebih berbobot.


6. Mendengarkan musik

Tips mencari ide menulis
Ekspresikan idemu saat mendengarkan musik via musicfyi.mondotunes.com

Beberapa orang bisa lebih berkonsentrasi saat mendengarkan musik. Nah, kalau kamu termasuk dalam tipe ini, cobalah dengarkan lagu-lagu favorit kamu. Pahami makna liriknya dan ikuti alunan nadanya. Dengan begitu, ide sewaktu-waktu akan melintas. Dan jangan lupa, catat dahulu di kertas atau ponsel supaya tidak hilang begitu saja.


7. Peristiwa yang sedang hangat

Tips mencari ide menulis
Peristiwa trending bisa memunculkan ide via blogmetric.org

Peristiwa-peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan atau trending, bisa juga dijadikan sebagai ide menulis. Biasanya ini dilakukan oleh wartawan-wartawan yang sedang mengejar berita. Untuk menulis sebuah berita, mereka tentunya harus bisa mengetahui peristiwa yang sedang terjadi. Tak hanya wartawan saja, kalau kamu seorang penulis cerita, baik itu cerpen atau novel, peristiwa yang sedang terjadi ini bisa kamu masukkan dalam ide menulis kamu, lalu digabungkan dengan hasil imajinasi.


8. Berteman dengan sesama penulis

Tips mencari ide menulis
Kepoin dan ambil ilmunya via garbo.ro

Namanya juga penulis dengan cerita yang berbeda, pasti mendapatkan idenya juga berbeda. Nah, cobalah kamu berteman dengan para penulis tersebut. Bisa dari sosial media, ataupun bertemu langsung. Kamu juga bisa mengikuti seminar-seminar yang diadakan oleh salah satu penulis. Di situ, kamu bisa meminta atau mendapatkan tips-tips dari si penulis tentang bagaimana cara dia mendapatkan idenya, apa yang dia lakukan, ilmu menulis, dan lain-lain. Jadi, kalau kamu mengikuti sarannya, ada kemungkinan ide menulis itu muncul secara tiba-tiba.



9. Mimpi

Tips mencari ide menulis
Mimpi mempunyai ide tiada batas via collective-evolution.com

Mungkin ini terdengar aneh, tapi percayalah, mimpi bisa dijadikan ide untuk menulis. Seperti novel Twilight karya Stephenie Meyer, dia mendapatkan ide ceritanya berdasarkan mimpi yang dialaminya. Dunia mimpi itu tidak terbatas, jadi kamu bisa mendapatkan ide secara tidak sengaja. Atau bahkan ide dari mimpi tersebut adalah hal yang belum pernah kamu bayangkan sebelumnya.


10. Kejadian sehari-hari di sekitar



Tips mencari ide menulis
Aktivitas sehari-hari bisa memunculkan ide via pinterest.com

Mungkin ini terlihat sepele, tapi siapa sangka kalau kejadian yang biasa kamu alami setiap hari itu bisa kamu jadikan ide menulis. Entah itu sedang berjalan, memasak, ngobrol bersama teman, dan lain-lain. Kalau kamu cukup kreatif, kamu bisa membungkus kejadian yang terlihat biasa itu menjadi sebuah tulisan yang indah dan enak dibaca.



11. The power of 'kepepet'



Tips mencari ide menulis
Kekuatan sebuah deadline via pixabay.com

Kalau kamu seorang penulis yang sedang dikejar deadline, pasti ide akan muncul secara tiba-tiba saat waktunya sebentar lagi. Bahkan tak hanya penulis saja, mahasiswa yang sedang menjalani skripsi pun akan mendapat ide mendadak di saat kepepet. Nah, inilah yang dinamakan the power of 'kepepet'. Di saat deadline masih lama, kamu mungkin terlihat santai-santai saja. Namun, di saat mendekati deadline, otak kamu diperas semaksimal mungkin demi menemukan ide. Hingga akhirnya, munculah ide tersebut. Sebenarnya ide yang muncul menjelang deadline ini bagus juga. Namun, terkadang hasilnya kurang maksimal dikarenakan terlalu buru-buru. Jadi, untuk mengatasinya, kamu buat deadline kamu sendiri, misal seminggu sebelum deadline sebenarnya, supaya kamu bisa mengoreksi kembali tulisan kamu dan tidak terburu-buru.



12. Berkonsultasi ke orang lain



Tips mencari ide menulis
Mintalah pendapat orang lain via connectenglishsandiego.com

Kalau kamu sudah mentok banget dan belum mendapatkan ide sama sekali, padahal sudah melakukan hal-hal di atas, mungkin kamu bisa meminta pendapat ke orang lain, seperti teman, keluarga, bahkan kekasih. Siapa tahu saja, mereka memiliki sebuah ide yang belum terpikirkan olehmu.



Itulah beberapa tips mencari ide menulis. Sebenarnya tidak sulit mencari ide, karena ide bisa didapat dari mana-mana. Karena itu, kamu harus pintar-pintar memanfaatkan momen di saat menemukan ide menulis. Semoga artikel ini bermanfaat, dan happy writting.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel