-->

4 Tipe Orang Ini Dibutuhkan Buat Membangun Startup Bisnis Kamu

Tipe orang yang dibutuhkan untuk membangun startup bisnis - Untuk membangun sebuah startup memang enggak segampang membalikkan telapak tangan. Kamu membutuhkan yang namanya modal, usaha, target, strategi pemasaran, tempat yang strategis, dan sebagainya.

Tipe orang yang dibutuhkan untuk membangun startup bisnis
Kerja tim sangat dibutuhkan buat membangun startup bisnis via shutterstock.com

Selain itu, kamu juga membutuhkan tim solid. Karena, walaupun startup yang kamu dirikan masih belum bertumbuh pesat, tapi kalau tanpa adanya karyawan atau tim yang solid buat berjuang bersama, maka bisnis startup kamu enggak akan bisa berjalan dengan sempurna.

Karena itu, kamu perlu sekali untuk memilih orang-orang yang mempunyai kemampuan dan minat yang sesuai dengan tanggung jawab pekerjaannya masing-masing,sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah.

Untuk itu, kamu harus mengenal dengan baik tipe-tipe orang yang dibutuhkan buat membangun sebuah bisnis startup kamu agar bisa meraih kesuksesan di masa depan, seperti berikut ini.


1. Si Jenius

Tipe orang yang dibutuhkan untuk membangun startup bisnis
Si jenius via cermati.com

Setiap bisnis pastinya membutuhkan orang yang jenius buat memberikan beragam masukan seperti inovasi, ide, gagasan, atau pendapat luar biasa yang bisa menghasilkan produk unik dan baru yang belum pernah dilakukan oleh siapapun sebelumnya. Keenceran otak si jenius ini sangat kamu perlukan buat memikirkan bagaimana mengorganisir seluruh jadwal agenda bisnis kamu dalam sebuah tim.


2. Seorang "Front-End Engineer"

Tipe orang yang dibutuhkan untuk membangun startup bisnis
Seorang "front-end engineer" via bizjournals.com

Ketika kamu baru memulai startup bisnis kecil-kecilan, pastinya masih memiliki sumber daya yang terbatas. Bahkan ada beberapa pekerjaan yang kamu lakukan sekaligus. Benar, bukan? Tapi, kalau kamu enggak sanggup buat mengerjakan pekerjaan seperti pemrograman web misalnya, maka kamu harus merekrut seorang "front-end engineer".

Seorang "front-end engineer" mempunyai kemampuan dan pengalaman di dalam pemrograman. Orang dengan tipe ini berfokus dalam menentukan tampilan atau tema dekorasi web yang menarik dan interaktif, sehingga bikin siapa pun tertarik buat berkunjung ke website bisnis startup kamu.


3. Seorang "Back-End Engineer"

Tipe orang yang dibutuhkan untuk membangun startup bisnis
Seorang "back-end engineer" via startupdope.com

Enggak jauh beda dengan "front-end engineer", seorang "back-end engineer" mempunyai peran dalam mengatur mekanisme kerja. Selain itu, orang tipe ini mempunyai kewajiban dalam pembentukan sistem, mulai dari pembentukan "hosting" hingga penerjemahan kode-kode ke dalam bahasa teknis. Setelah itu, mereka bisa memberikan jalan keluar yang terbaik buat menciptakan teknologi yang sangat dibutuhkan oleh bisnis startup kamu.


4. Manajer Pemasaran

Tipe orang yang dibutuhkan untuk membangun startup bisnis
Seorang manajer pemasaran via suitsocialmedia.com

Dalam sebuah bisnis, manajer pemasaran atau marketing manager mempunyai peranan yang sangat penting. Mereka dituntut buat memuaskan konsumen, karena konsumen sendiri adalah sumber keuntungan dan profit perusahaan. Oleh karena itu, manajer pemasaran mempunyai tugas dan peran yang besar terhadap peningkatan keuntungan serta profit yang didapatkan oleh bisnis kamu.

Selain itu, manajer pemasaran juga harus tahu mengenai cara meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan bisnis kamu, memperluas pangsa pasar, dan juga mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek.


Itulah tipe-tipe orang yang dibutuhkan buat membangun startup bisnis kamu. Tentukanlah orang-orang penting yang akan kamu rekrut dan ajak buat bekerja sama. Usahakan mereka bisa dipercaya untuk melakukan tanggung jawab mereka dengan sebaik mungkin, demi suksesnya bisnis yang kamu jalani.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel