-->

10 Hobi Ini Bisa Kamu Jadikan Duit Loh, Mau?

10 Hobi yang bisa kamu jadikan duitBerbisnis itu memerlukan ketelatenan dan kesungguhan. Banyak orang yang memulai bisnis namun berhenti di tengah jalan karena tidak telaten dan hanya sekedar coba-coba saja. Kebanyakan dari mereka jenuh karena apa yang dijalani ternyata tidak sesuai perkiraan atau secara terpaksa. Tapi coba kamu bayangkan jika bisnis itu adalah sesuatu yang disukai dan sering dilakukan, seperti hobi misalnya? Jika sebelumnya ada hobi yang dapat meningkatkan daya kerja otak, berikut akan dijelaskan hobi yang bisa menghasilkan duit. Pastinya akan menyenangkan jika hobi atau kegemaran kamu dijadikan bisnis yang menghasilkan. Karena jika menjalankan bisnis yang  berasal dari hobi tidak akan menyebabkan kejenuhan. Lalu, Apa saja sih hobi yang bisa jadi bisnis menguntungkan? Simak ulasan berikut versi Arimpi.Com ya.



1. Menggambar dan mendesain

10 Hobi yang bisa kamu jadikan duit
Menggambar lalu jual, dapet duit deh via mi-arte-es-su-arte.com

Hobi ini terbukti sangat menghasilkan pada era kekinian. Banyak sekali anak muda yang memiliki bisnis dari hobi menggambar dan mendesian yang berhasil meraih kesuksesasan. Apakah kamu termasuk salah satunya? Gambar dan desain saat ini bisa diaplikasikan pada media yang beragam seperti pada kaos, tas, bantal, cangkir, sepatu, dan tentunya masih banyak lagi. Jadi tidak seperti zaman dulu di mana menggambar hanya di kertas saja. Terbayang bukan berapa keuntungan yang bisa didapatkan dari hobi yang satu ini? Selain menguntungkan tentunya menyenangkan.


2. Memasak

10 Hobi yang bisa kamu jadikan duit
Sedapnya masakan senikmat duitnya via fight4job.com

Jangan memandang remeh hobi yang satu ini, ya. Meski terlihat sepele dan terkesan seperti pekerjaan rumah tangga yang rutin dilakukan ibu-ibu, namun hobi ini bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Dengan hobi memasak dapat membuat bisnis kuliner. Contohnya seperti bisnis restoran, catering, dan cafe. Selain itu bisa juga memanfaatkan hobi yang satu ini untuk berjualan secara online berbagai makanan ringan, kue, dan masih banyak lagi. Karena setiap hari manusia membutuhkan makanan, maka bisa kamu bayangkan sendiri bukan betapa menjanjikannya berbisnis dari hobi memasak.


3. Berdandan

10 Hobi yang bisa kamu jadikan duit
Cantiknya hasil dandan akan secantik duit yang didapat via selipan.com

Hobi berdandan bisa menjadi bisnis yang menghasilkan, bagaimana bisa? Jawabannya karena dengan hobi berdandan dapat membuat usaha merias dan salon kecantikan. Kebutuhan cewek untuk selalu tampil cantik, membuat usaha merias dan salon kecantikan laris manis dan menghasilkan banyak keuntungan. Jika tidak memiliki modal terlalu banyak untuk membuka salon kecantikan, tak perlu khawatir, hobi berdandan masih bisa kok menghasilkan. Caranya buka jasa perawatan dan rias yang dapat dipanggil ke rumah. Jadi tidak perlu sewa tempat dan lebih praktis. Bagaimana buat kamu para cewek yang hobi berdandan? Tertarik menjadikan hobi sebagai bisnis yang menghasilkan?


4. Fotografi

10 Hobi yang bisa kamu jadikan duit
Jepretan penghasil duit via matafoto.co.id

Punya hobi jeprat-jepret? Manfaatkanlah untuk membuka bisnis jasa fotografi. Bisnis ini hanya bermodalkan kamera bagus, kemampuan fotografi, dan promosi saja. Namun jangan salah bisnis ini sangat menghasilkan, loh. Bayangkan saja ketika kamu berhasil mendapatkan job suatu acara pernikahan, penghasilan yang didapatkan kisaran ratusan ribu bahkan sampai jutaan rupiah. Belum lagi ketika berhasil menggaet partner bisnis dari bridal salon, malah makin besar omset bisnisnya. Siapa tahu nantinya bisa menjadi fotografer dari model terkenal. Wow sekali bukan?


5. Berkebun

10 Hobi yang bisa kamu jadikan duit
Tak menarik tapi penarik duit via pace.oregonstate.edu

Hobi berkebun ini nampak tidak menarik untuk dijadikan bisnis. Tetapi sebenarnya hobi ini mempunyai banyak peluang dan keuntungan. Dengan menyemai bibit atau membuat cangkokan dapat dijual kembali menjadi bibit unggul. Atau bisa juga membuka bisnis penyedia tanaman hias bagi perumahan, rumah perorangan, dan taman kota. Jika satu tanaman saja harganya sudah lumayan maka akan berlipat ganda jika yang dibutuhkannya banyak. Menguntungkan sekali tentunya.



6. Menjahit

10 Hobi yang bisa kamu jadikan duit
Menjahit pundi-pundi rupiah via kursusjogja.com

Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal. Memiliki hobi menjahit bisa dimanfaatkan menjadi bisnis yang menyenangkan dan menghasilkan. Caranya bisa dengan membuka bisnis jahitan di rumah, mendirikan butik, atau menjadi produsen bagi supplier toko online dan offline. Modalnya hanya hobi menjahit namun untungnya selangit.


7. Mengutak-atik barang bekas

10 Hobi yang bisa kamu jadikan duit
Hasil kekreatifan dari barang bekas via bisnisborneo.com

Barang bekas biasanya hanya akan berakhir menjadi sampah. Tetapi jika di tangan orang yang memliki hobi mengutak-atik, barang bekas bisa menjadi sesuatu yang baru dan dapat menjadi ladang baru untuk mendirikan bisnis sendiri. Hanya bermodalkan hobi dan kekreatifan akan mendatangkan keuntungan yang banyak. Dengan hobi ini, membuat bisnis menjadi sesuatu hal yang menyenangkan, dan mengeluarkan modal yang minim.


8. Merawat hewan peliharaan

10 Hobi yang bisa kamu jadikan duit
Imut dan menggemaskan, apalagi duitnya via aspca.org

Hewan peliharaan membutuhkan hal-hal yang sama dengan manusia. Butuh perwatan dan kasih sayang. Jika ada yang memiliki hobi merawat hewan peliharan dapat menjadi bisnis yang keren, loh. Caranya dirikanlah bisnis merawat hewan peliharaan semacam playgroup, tetapi ini untuk hewan. Lucu, bukan? Selain hobi tersalurkan, uang pun mengalir lancar.


9. Menulis

10 Hobi yang bisa kamu jadikan duit
Menulislah, maka duit akan datang via pixabay.com

Bagi kamu yang sangat imajinatif dan sering menuangkan pikirannya dalam sebuah tulisan, jadikanlah hobi itu bisnis baru yang menyenangkan. Modalnya tentu saja kemampuan menulis, gadget, dan koneksi internet. Dengan hobi ini, dapat melahirkan usaha penyedia jasa tulisan untuk blog atau website. Atau bisa juga mengirimkan tulisan ke media massa seperti koran dan majalah. Jika mau yang lebih greget lagi, bisa mengirimkannya ke penerbit mayor dan dibukukan. Jika sudah diterbitkan dan menjadi best seller, pastinya akan mendatangkan banyak uang. Modal minim keuntungan maksimal. Baca juga Manfaat Menulis.


10. Modelling

10 Hobi yang bisa kamu jadikan duit
Menjadi model bayarannya lumayan via modelsforest.com

Jika sebelumnya hobi fotografi dapat menjadi bisnis menguntungkan, kali ini hobi menjadi foto model atau model catwalk juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Bisnis ini berhubungan erat dengan dunia fashion. Jika memiliki wajah yang lumayan dan sering selfie, tidak ada salahnya menggeluti dunia ini. Menjadi model untuk produk fashion juga bisa dilakukan di berbagai social media sebagai ajang promosi. Tentunya itu dapat menghasilkan pundi-pundi uang tambahan yang lumayan.


Itu dia ulasan tentang 10 hobi yang bisa jadi dijadikan duit. Apakah hobimu ada dari salah satu pembahasan di atas? Jika ada tetapi belum dimanfaatkan untuk bisnis, akan sayang. Jadi beranilah untuk mencoba, sebab pekerjaan yang mengasyikkan adalah hobi yang dibayar. Semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel