-->

Yuk, Ikuti 6 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit Ini, Biar Enggak Dililit Hutang

Tips cerdas menggunakan kartu kredit - Apakah kamu mempunyai kartu kredit? Ataukah kamu sering menggunakan kartu kredit? Pernah enggak sih kamu mengalami kalau ternyata tagihan kartu kredit kamu tiba-tiba membengkak? Atau mungkin kamu sering mengalaminya?

Tips cerdas menggunakan kartu kredit
Yuk cerdas menggunakan kartu kredit via upgradedpoints.com

Di zaman yang serba mudah dan cepat ini, kartu kredit memang bisa memudahkan kamu dalam berbelanja. Seiring dengan semakin bertambahnya penduduk kelas menengah, kebutuhan masyarakat sama kartu kredit pun ikut meningkat. Kartu kredit seakan sudah menjadi kebutuhan buat kamu, terutama bagi orang yang enggak suka memegang uang tunai.

Tapi, kamu harus mulai belajar untuk cerdas dalam menggunakan kartu kredit. Kenikmatan dan kemudahan yang ditawarkan kartu kredit seringkali bikin kamu lupa akan kondisi keuangan kamu sesungguhnya. Saking mudah dan menguntungkannya, kartu ini bisa bikin kamu terbuai, hingga akhirnya tagihan menumpuk dan terlilit hutang yang menumpuk.

Nah, hal inilah yang akan menjadi sumber masalah buat kamu di kemudian hari. Pasti enggak ada yang mau dong hidup dililit hutang, dikejar-kejar debt kolektor, hingga akhirnya hidup melarat? Yuk ikuti tips-tips berikut ini tentang bagaimana caranya kamu menggunakan kartu kredit dengan cerdas.


1. Buatlah kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Biasanya, kartu kredit sering mengadakan kerjasama dengan toko-toko komersil. Tujuannya biar menarik nasabah dan memberikan kenikmatan lebih bagi penggunanya. Nah, kalau kamu cenderung menggunakan kartu kredit buat kuliner, maka kamu bikin kartu kredit yang banyak memberikan promo di restoran. Atau kalau kamu menyukai hal-hal yang berbau fashion, buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo di outlet-outlet fashion. Jadi, apapun kesukaan kamu, cari tahu dulu promosi kartu kredit yang ditawarkan sebelum menjatuhkan pilihan.


2. Memliki maksimal 2 kartu kredit

Meskipun memberikan banyak kemudahan dan kenikmatan, kamu harus bisa membatasi diri supaya enggak memiliki kartu kredit lebih dari 2 buah. Karena, semakin banyak kartu kredit, maka akan smakin banyak hutang yang harus kamu bayar. Jadi, jangan terlalu banyak memiliki kartu kredit ya, karena meski kelihatannya memudahkan, ada bahaya yang sedang menanti kamu di masa depan, yaitu hutang.


3. Aturlah limit atau batas kartu kredit kamu

Setiap kartu kredit pastinya punya limit atau batas besaran uang yang bisa kamu tentukan, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Nah, supaya kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan cerdas, salah satu caranya adalah dengan menentukan jumlah limit pada kartu kredit kamu. Aturlah supaya kamu bisa memperkirakan pengeluarannya. Ingat, jangan sampai besar pasak daripada tiang ya.


4. Tentukan banyaknya budget buat pemakaian kartu kredit

Karena setiap kartu kredit memiliki limitnya masing-masing, maka harus selalu kamu usahakan untuk menggunakan kartu kredit di bawah limit yang sudah ditentukan. Misalnya, limit kartu kredit kamu adalah Rp 5.000.000. Maka, akan lebih baik dan aman kalau kamu enggak memakainya hingga Rp 5.000.000 lebih. Karena, besarnya limit bukan berarti kamu harus menggunakannya sampai batas maksimal. Janganlah kamu menggunakan kartu kredit hingga melebihi limit yang ditentukan, sebab kamu akan dikenakan denda.


5. Pikir-pikir panjang lagi sebelum belanja

Belanja bisa dilakukan karena adanya kebutuhan atau keinginan. Enggak semua yang kamu inginkan adalah yang kamu butuhkan, begitu juga sebaliknya. Untuk itu, berpikir panjang sebelum belanja adalah hal yang penting, karena enggak jarang kamu membeli sesuatu hanya karena nafsu semata atau keinginan sementara yang sebenarnya enggk benar-benar kamu butuhkan atau inginkan. Maka dari itu, pikirkan dulu kegunaannya, apakah penting, bermanfaat, dan harganya layak atau tidak, sebelum kamu menggunakan kartu kredit buat memuaskan hasrat belanjamu.


6. Pantau dan gunakan manfaat dari point reward

Sadar atau enggak, setiap kali kamu belanja dengan menggunakan kartu kredit, poin dalam kartu kredit kamu akan bertambah. Jumlah poin yang sudah terkumpul banyak ini bisa ditukarkan dengan barang ataupun promo-promo menarik. Itulah salah satu keuntungan dari penggunaan kartu kredit. Tapi, kamu tetap harus teliti dan jeli dalam memantau serta menggunakan point reward kamu, supaya kartu kredit jadi semakin menguntungkan dan menyenangkan.


Itulah beberapa tips cerdas dalam menggunakan kartu kredit. Jadi, kalau kamu menggunakan kartu kredit, harus dengan cerdas menggunakannya. Karena kalau enggak, maka tumpukan hutang akan menantimu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel