-->

5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kamu Cepat Lelah

Kebiasaan buruk yang bikin cepat lelah - Apakah tubuh kamu sering banget cepat lelah dan capek? Kalau sudah begitu, pasti bawaannya enggak akan maksimal ketika sedang bekerja. Mau melakukan ini itu rasanya kamu sudah enggak sanggup. Ternyata, hal tersebut bisa dipicu dari mana saja, termasuk kebiasaan kamu.

Kebiasaan buruk yang bikin cepat lelah
Hindari kebiasaan-kebiasaan ini ya, karena bikin cepet capek via vemale.com

Karena itu, kamu harus memperhatikan apa saja yang kamu lakukan setiap harinya. Sebab, ada beberapa kebiasaan yang bisa bikin tubuh kamu cepat lelah atau capek. Nah, daripada kamu bingung, berikut beberapa kebiasaan yang bikin tubuh kamu cepat lelah.


1. Kecanduan kopi atau minuman bersoda

Kebiasaan buruk yang bikin cepat lelah
Minum kopi via wisebread.com

Sebenarnya, meminum kopi itu sangat bermanfaat bagi tubuh. Asalkan enggak berlebihan dalam mengonsumsinya. Sebab, kafein yang terdapat dalam kopi atau minuman bersoda sangat tinggi. Kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein ini, bisa membuat beban pada kelenjar adrenalinnya bertambah. Efeknya adalah tubuh jadi mudah merasa lelah dan capek.

Menghentikan kebiasaan minum kopi atau minuman bersoda mungkin memang sulit. Bahkan kamu mungkin sehari bisa menghabiskan empat sampai lima cangkir. Jadi, alangkah baiknya kalau kamu menguranginya sedikit demi sedikit.


2. Mengonsumsi makanan cepat saji (fast food)

Kebiasaan buruk yang bikin cepat lelah
Kurangi mengonsumsi fast food via weeklygravy.com

Menurut Nadine Saubers, penulis buku 'The Complete Idiot's Guide to Fighting Fatigue', makanan cepat saji atau fast food adalah pemicu utama rasa pusing dan lelah. Karena itu, kamu harus lebih selektif dalam memilih menu makanan. Kurangilah mengonsumsi makanan cepat saji, ya. Baca juga Makanan yang Dapat Meningkatkan Mood.


3. Postur tubuh yang buruk

Kebiasaan buruk yang bikin cepat lelah
Berbagai posisi duduk yang salah dan benar via tinggibadan.com

Posisi postur tubuh seperti duduk selama berjam-jam, atau tubuh yang membungkuk akan bikin kamu gampang terasa capek. Pasti kamu sering mengalaminya ketika duduk. Postur tubuh yang buruk tersebut bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan.

Menurut Dr. Adrian Couzner, seorang ahli pengobatan tulang punggung asal Australia, kelelahan akibat sikap tubuh yang buruk bisa membuat mobilitas sendi dan otot berkurang serta menguras energi. Saat membungkuk, akan membuat tubuh kamu bekerja lebih keras hanya untuk melakukan gerakan sederhana.


4. Napas pendek

Kebiasaan buruk yang bikin cepat lelah
Perhatikan ritme pernapasan kamu via happyfamilies.com

Pernapasan yang pendek bisa membatasi jumlah oksigen yang mengalir ke otak dan tubuh, dan membuat tubuh gampang lelah dan capek. Kalau kamu bekerja di depan komputer sepanjang hari, cobalah perhatikan ritme pernapasan kamu. Kamu akan mudah mengalami napas pendek, kalau kamu enggak banyak bergerak selama berjam-jam.

Karena itu, cobalah beristirahat, lakukan peregangan, berjalan-jalan, atau lakukan latihan pernapasan supaya aliran oksigen ke tubuh kembali lancar.


5. Selalu menahan emosi

Kebiasaan buruk yang bikin cepat lelah
Jangan ditahan-tahan via journal.sociolla.com

Menahan emosi ternyata bisa bikin kamu gampang stres dan kelelahan luar biasa, loh. Karena itu, kalau kamu mulai merasa sedih atau kesal, cobalah salurkan melalui tulisan atau menceritakannya pada orang yang kamu percaya. Jangan dipendam sendiri. Pastikan kondisi emosi kamu selalu stabil dan tersalurkan dengan baik. Baca juga Mengatasi Galau.


Itulah beberapa kebiasaan buruk yang bisa bikin tubuh kamu cepat lelah. Jadi, alangkah baiknya kalau kamu menjauhi kebiasaan-kebiasaan tersebut ya, karena efeknya buat tubuh kamu sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel